Statechart Diagram
Statechart diagram, atau yang biasa juga disebut state diagram digunakan untuk mendokumentasikan beragam kondisi/keadaan yang bisa terjadi terhadap sebuah class dan
kegiatan apa saja yang dapat merubah kondisi/keadaan tersebut. Contohnya sebuah televisi yang dapat berada dalam kondisi menyala atau mati, jika tombol “power” ditekan maka televisi akan menyala, begitu juga sebaliknya akan mati jika tombol “power” ditekan kembali. Maka disini kita
mempunyai sebuah kelas yaitu televisi, 2 state yaitu menyala dan mati dan 2 transition yaitu menyalakan TV dan mematikan TV. Tidak seperti diagram-diagram behavioural lainnya yang memodelkan interaksi diantara beberapa class, state diagram justru biasanya hanya memodelkan transisi yang terjadi hanya pada sebuah class. Berikut adalah notasi state diagram :
Statechart diagram menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke state lainnya)
suatu objek pada sistem sebagai akibat dari stimuli yang diterima. Pada umumnya statechart
diagram menggambarkan class tertentu (satu class dapat memiliki lebih dari satu statechart
diagram).
Dalam UML, state digambarkan berbentuk segiempat dengan sudut membulat dan memiliki nama
sesuai kondisinya saat itu. Transisi antar state umumnya memiliki kondisi guard yang merupakan
syarat terjadinya transisi yang bersangkutan, dituliskan dalam kurung siku. Action yang dilakukan
sebagai akibat dari event tertentu dituliskan dengan diawali garis miring.
Titik awal dan akhir digambarkan berbentuk lingkaran berwarna penuh dan berwarna setengah.
State Machine Diagram (Statechart diagram in versi 1.x)
Transition
digambarkan dengan tanda anak panah
progressions from one state to another, will be triggered by an event
Transition adalah hasil dari methode yang menyebabkan perubahan state, walaupun tidak semua methode menyebabkan perubahan state
label on transition is in the format
event [guard][/methode list()]
event biasa dituliskan dengan past tense
event menyebabkan sebuah object berpindah dari satu state ke state lain
Guard, condition that must be true for the transition to be triggered
Guard harus konsisten dan tidak overlap
Contoh: X<0, X=0 dan X>0 konsisten
X<=0 dan X>=0 tidak konsisten
Guards harus lengkap logikanya
Contoh: X<0 dan X>0 , bagaimana jika X=0 ?
Methode dijalankan
ketika object memasuki state diindkasikan dengan methode bernama entry( )
ketika object keluar state diindikasikan dengan methode bernama exit( )
Methode menyebabkan perubahan di sebuah state bisa juga tidak
Statechart diagram
Statechart diagram menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke state lainnya) suatu objek pada sistem sebagai akibat dari stimuli yang diterima.
Pada umumnya statechart diagram menggambarkan class tertentu (satu class dapat memiliki lebih dari satu statechart diagram).
Dalam UML, state digambarkan berbentuk segiempat dengan sudut membulat dan memiliki nama sesuai kondisinya saat itu. Transisi antar state umumnya memiliki kondisi guard yang merupakan syarat terjadinya transisi yang bersangkutan, dituliskan dalam kurung siku. Action yang dilakukan sebagai akibat dari event tertentu dituliskan dengan diawali garis miring.
Titik awal dan akhir digambarkan berbentuk lingkaran berwarna penuh dan berwarna setengah.
Deployment Diagram
Deployment/physical diagram menggambarkan detail bagaimana komponen di-deploy dalam infrastruktur sistem, di mana komponen akan terletak (pada mesin, server atau piranti keras apa), bagaimana kemampuan jaringan pada lokasi tersebut, spesifikasi server, dan hal-hal lain yang bersifat fisikal
Sebuah node adalah server, workstation, atau piranti keras lain yang digunakan untuk men-deploy komponen dalam lingkungan sebenarnya. Hubungan antar node (misalnya TCP/IP) dan requirement dapat juga didefinisikan dalam diagram ini.
Component Diagram
Component diagram menggambarkan struktur dan hubungan antar komponen piranti lunak, termasuk ketergantungan (dependency) di antaranya.
Komponen piranti lunak adalah modul berisi code, baik berisi source code maupun binary code, baik library maupun executable, baik yang muncul pada compile time, link time, maupun run time.
Pada umumnya komponen terbentuk dari beberapa class dan/atau package, tapi dapat juga dari komponen-komponen yang lebih kecil.
Komponen dapat juga berupa interface, yaitu kumpulan layanan yang disediakan sebuah komponen untuk komponen lain.
Sabtu, 26 Maret 2011
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar