Senin, 04 April 2011

Software

Software
Peran software dalam sistem komputer
Jenis-jenis software
Pemrograman dan bahasa pemrograman
Taksonomi Software (1)
Software sistem
Sistem operasi  orkestrasi kerja komponen-komponen sistem komputer, memberikan dukungan bagi software aplikasi
Drivers  mengatur kerja perangkat spesifik atas perintah yang diberikan secara generik (abstraksi tingkat tinggi)
Contoh: sistem operasi dapat memberikan perintah “print”, yang kemudian diterjemahkan oleh driver untuk sebuah printer spesifik
Utilities  melakukan fungsi-fungsi dukungan teknis tertentu yang bersifat cross-application
Benchmarkers
Tweakers
Archivers
Anti virus, anti spam
Taksonomi Software (2)
Software aplikasi
Produktivitas
Pengembangan aplikasi
Games
Aplikasi jaringan komputer dan Internet
Aplikasi multimedia
Sistem Operasi
Software yang mengelola pemakaian bersama (sharing) berbagai sumber daya (resources) komputer  karena supply resources << demand
Yang dilakukan oleh sistem operasi
Manajemen proses
Manajemen memori
Manajemen sistem file
Komunikasi dan jaringan
Pengamanan sistem
User interface
Device drivers

Aplikasi Produktivitas
Tujuan: membantu pemakai meningkatkan produktivitas kerja
Aplikasi perkantoran (office)  paling banyak dipakai (MS Office menyumbang revenue paling besar bagi Microsoft)
Aplikasi basis data  memudahkan operasi-operasi CRUD (create, read, use, delete) terhadap data
Aplikasi basis data telah berkembang menjadi killer applications pada level enterprise
Data warehousing  repository utama untuk data historis bagi sebuah organisasi. Tujuan data warehousing adalah memungkinkan analisis data kompleks secara cepat tanpa mengganggu operasional organisasi
Data mining  "the nontrivial extraction of implicit, previously unknown, and potentially useful information from data“, biasanya melibatkan data set yang sangat besar (mis: Internet)
Tool Pengembangan Aplikasi
Tujuan: membantu proses pengembangan software
Biasanya berbentuk integrated development environment (IDE), yang terdiri atas:
editor program (text-based atau visual design)
kompiler  menerjemahkan program, dari bahasa pemrograman ke bahasa mesin
debugger  tool untuk membantu menemukan bug (kesalahan program)
profiler/optimizer  tool untuk membantu meningkatkan performance program melalui optimisasi instruksi
Aplikasi Game
Sangat populer saat ini ! (market global untuk game console mencapai US$ 12.4 bil. atau ~ Rp 112 triliun)
Aplikasi game merupakan perwujudan dari kombinasi science dan art: pemodelan (skenario, behaviour), logic (strategi), dan desain grafis serta animasi
Game development tool: membantu developer bekerja dengan pemodelan, computer graphics, dan multimedia
Trend: cross-platform game development  Tool XNA (buatan Microsoft) memungkinkan game dibuat untuk PC maupun Xbox 360
Aplikasi Jaringan dan Internet
Untuk berkomunikasi dalam berbagai bentuk
Browsing
File sharing
Uploading dan downloading
Email dan news
Instant messengers
Pada kenyataannya hampir semua aplikasi sistem informasi saat ini beroperasi di atas jaringan komputer dan Internet
Aplikasi Multimedia
Sangat banyak ragamnya, tetapi bisa dikelompokkan ke dalam beberapa kategori:
Media viewers
Media players
Media utilities
Sangat berperan dalam mendukung konvergensi digital  satu perangkat keras dengan berbagai fungsi untuk berbagai keperluan
Pemrograman
Software pada dasarnya adalah program (kumpulan instruksi untuk menjalankan fungsi-fungsi tertentu)  software harus diprogram
“Pemrograman” adalah cara menyusun dan memberikan instruksi-instruksi dalam membangun fungsionalitas software
Jenis pemrograman berdasarkan “cara pandang”
Pemrograman prosedural  program sebagai abstraksi kegiatan/fungsi/aktivitas
Pemrograman berbasis obyek  program sebagai kumpulan obyek
Pemrograman deklaratif  menetapkan sasaran yang ingin dicapai
Bahasa Pemrograman
Dikelompokkan menurut paradigma pemrograman yang didukungnya
Pemrograman prosedural: BASIC, COBOL, C, Pascal, PHP, ASP, …
Pemrograman berbasis obyek: C++, Java, C#, Smalltalk, …
Pemrograman deklaratif: Prolog, Lisp, SQL, …
Pengelompokan yang lebih lengkap (dan bahasa-bahasa yang ada) bisa dilihat di wikipedia  “categorical_list_of_programming_languages”
Pemrograman Visual
Pemrograman konvensional menganggap tiap komponen memiliki urutan prioritas yang sama
Pemrograman visual selalu berangkat dari komponen user interface, kemudian baru menuju komponen lainnya

0 komentar:

Posting Komentar